BISNIS PLAN
SANDAL UKIR
Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas “Kewirausahaan“
Dosen
Pembimbing : Ulya Himawati, M.Pd
Disusun Oleh :
1.
Maulana Muhammad ( 166050068
)
2.
Muhammad Fajar Ma`arif ( 166050062
)
3.
Zeni Anggraini ( 166050054 )
4.
Destiwan Awali
Mujahidin ( 166050152 )
PGMI
UNIVERSITAS
WAHID HASYIM SEMARANG
TAHUN 2019
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Keunggulan kreatifitas
dan inovasi di bidang desain dan nilai guna produk sangat dimungkinkan karena kebanyakan para pengusaha muda itu
umumnya memiliki latar belakang pendidikan di bidang seni dan desain. Beberapa
diantara mereka adalah sarjana seni dan desain jebolan dari perguruan tinggi
terkemuka,
Namun justru
dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi desain produk itulah, kalangan
pebisnis dapat meraih nilai tambah yang cukup tinggi dengan memperoleh harga di
atas harga jual rata-rata produk sejenis yang dipasarkan di departmen store
atau outlet lainnya. Namun konsumen sendiri merasa puas dengan produk distro
karena memiliki desain dan inovasi yang eksklusif.
Berangkat dari keresahan santri di pondok yang
sering kehilangan sandal mereka, maka mereka melakukan inovasi untuk mengukir
sandal mereka agar jika sandal meeka hilang dapat di temukan dengan mudah, yang
bermula dari terukir nama saja berkembang menjadi gambar kartun, bungan, ukiran
– ukiran unik, dan lain sebagainya.
Hal itu membuat menarik masyarakat, yang membuat
para santri mendapat pesanan mengukir sandal. Dan berkembang dengan pesat yang
tentunya dapat meningkatkan nilai jual sandal. Dan merupakan salah satu bentuk
transformasi seni ukir.
B. Visi dan Misi Usaha
p Visi
1. Menjadikan wadah latihan santri untuk berwirausaha dan
melatih kreativitas sekaligus bermanfaat
2. Sebagai jasa
media promosi dan dakwah santri yang universal
p Misi
1. Menghasilkan laba
yang pantas yang untuk mendukung perekomoniam santri.
2.
Memberikan perhatian yang
tulus kepada santri dan masyarakat
melalui kemandirian ekonomi
BAB II
ASPEK PEMASARAN
A. Lingkungan usaha
Sengaja saya
memilih lingkungan usaha yang ramai penduduk. Dengan tingkat perekonomian yang
sangat cukup. Dengan melihat
situasi dan kondisi lingkungan yang sangat memungkinkan untuk bersaing secara
sehat. Lingkungan yang dekat dengan para santri.
Lingkungan
yang hubungan antara santri dan masyarakat terjalain denga baik akan lebih memudahkan kita di
dalam menjalankan usaha ukir sandal ini. Sehingga kita juga
dapat berbaur dengan lingkungan sekitar. Menjalin hubungan ukhuwah yang sehat. Ini akan
menimbulkan dampak yang sangat positif demi perkembangan pesantren
dan masyarakat.
Dan dibantu oleh pondok dalam
memasarkan pada jual beli online, juga membantu berjalannya lingkungan usaha
yang baik.
B. Kondisi pasar
Kondisi
pasar yang stabil dimana masyarakt sering dan lebih suka pada
sebuah nilai kreatifitas dan nilai guna membuat stabilnya kondisi pemasaran.
Tingkat
keamanan usaha kita pun terjamin dengan adanya lingkungan yang baik. Dimana
jaringan para alumni pondok yang tersebar di plosok – plosok negeri,
mengakibatkan cepatnya penyebaran dan promosi.
C. Rencana pemasaran
Rencana pemasaran usaha
distro ini melalui berbagai cara yang diantara nya :
o Dekat dengan
target market.
Target utama
pemasaran dekat dengan konsumen. Sehingga dengan mudah kita mempromosikan
produk yang kita miliki. Mudah di akses
o Melalui internet
Internet adalah
salah satu tempat kita untuk memasaran produk kita. Sehingga para pelanggan
bisa melihat produk baru yang kita miliki melalu internet. Baik melalui website
yang kita punya, atau pun situs jejaring sosial.
o Brosur iklan
Salah satu tempat
yang paling cocok untuk mempromosikan produk yang kita punya. Baik melalui
iklan koran. Ataupun dengan iklan di majalah remaja. Itu sangat bagus untuk
promosi produk yang kita miliki. Ada juga melalui even-even di sekolahan atau
pun di kampus.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. Lokasi Usaha
Dalam
menjalakan usaha ini, tidaklah memiliki tempat khusus yang digunakan, karna
usaha ini dijalankan oleh para santri, yang dilakukan setelah kegiatan dan
tanggung jawab meraka telah diselesaikan, tampat ada kegiatan pondok yang di
gugurkan.
Hal ini membuat penghematan biayan produksi karena tidak
perlu menyewa tempat khusus prosuksi, tetapi menimbulkan masalah yaitu kadang
terjadi tumpang tindih antara kegiatan pondok dan tuntutan produksi.
B.
Sunan
Organisasi
Usaha ini akan dijalankan oleh :
1.
Ketua :
Destiawan Mujahiddin
2.
Manajer keuangan :
Zeni Angraini
3.
Manajer Produksi :
Maulana Muhammad
4.
Manajer Pemasaran (+ Manajer operasional) : Muhammad Fajar
Ma`arif
Job Description :
Ketua
•
Penanggung Jawab umum perusahaan
•
Membuat keputusan
•
Memelihara kelancaran & kualitas manajemen organisasi
Manajer Keuangan
•
Mencatat transaksi keuangan
•
Memproses data transaksi keuangan menjadi sebuah informasi
(laporan keuangan)
•
Mengkomunikasikan laporan keuangan kepada pihak terkait
Manajer Produksi
•
Mengembangkan produk
•
Menjaga kualitas produk
•
Melatih pegawai untuk membuat produk yang berkualitas
Manajer Pemasaran
•
Mengimplementasikan strategi pemasaran
•
Mengatur kegiatan sales
•
Melakukan promosi
•
Menjaga hubungan dengan konsumen
C.
Bahan
dan Alat
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier, kami mengambil dari supplier atau koprasi
pondok yang sudah
terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik
konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik
dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
Ø Bahan dan Alat
1. Sandal Swallo
2. Bolpoin Standar
3. Cuter / Silet
D.
Proses
Pengrajinan Sandal Ukir
Dalam membuat sandal ukir tidaklah sulit yang
terpenting adalah ketelitian dan kesabaran, ada tiga langkah – langkah sebagai
berikut :
1. Menggambar pola yang akan di ukir di sandal menggunakan bolpoin
2. Menggores menggunakan cuter / silet, sesuai pola yang sudah di gambar pada
sandal
3. Setelah di gores, kemudian tinggal mengukir
E. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang
dilakukan yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat
menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih
mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
F. Strategi Promosi
yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami
jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·
Membuat pamflet-pamflet
berisi produk – produk baru yang akan ditempel.
·
Melakukan iklan-iklan di
dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
G. Produk yang
dihasilkan
Semakin tingginya
kebutuhan masyarakat akan sandal dan belum termasuk aksesoris yang semakin
marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas
produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan
dapat memuaskan konsumen,
·
Bermacam-macam bentuk dan
ukurannya dengan style yang uptodate,
·
Hasil sablon sangat rapi dan
tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
·
Kegunaan produk sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
·
Selain itu, produk yang kami
pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
·
Harga terjangkau oleh
kemampuan konsumen,
·
Sesuai dengan selera
masyarakat.
H. Tenaga kerja
Tenaga kerja yang
kita gunakan dalam distro ini adalah santri. Di dalam memilih tenaga
kerja ini, juga kita menentukan kriteria yang tepat
dan berloyalitas tinggi
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A.
Aspek Keuangan
1.
Aspek Modal
- Bahan Baku :
- Bahan Baku :
1. Sandal Swallo Rp. 11.000
2. Bolpoin Rp. 2.500
2. Bolpoin Rp. 2.500
3. Cuter / Silet Rp. 2.500 +
=Rp. 16.000
=Rp. 16.000
- Untuk membuat satu sandal ukir di butuhkan modal
sebesar :
= Rp. 16.000
= Rp. 16.000
2.
Perhitungan
Keuntungan
Harga Jual : Rp 25 Ribu (Harga minimum)
Harga Jual : Rp 25 Ribu (Harga minimum)
Ø
Keuntungan = Pendapatan – Total biaya produksi
= Rp 25.000 – Rp 16.000 = Rp. 9.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 1 (satu) buah sandal ukir, harga Rp 25.000 per buah dalam 1 kali
penjualan adalah Rp 9.000
B.
Penutup
Harapan
saya untuk produk “ Sandal Ukir “ adalah supaya
produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, saya mengharapkan
produk ini dapat meningkatkan dan
menginspirasi masyarakt untuk memanfaatkan kesempatan dengan kreativits yang
tinggi, karena produk ini sangat bagus dan kreatif.
.
Komentar
Posting Komentar